Cara Mengganti Baru Kartu SIM Card

Cara Mengganti Baru Kartu SIM Card

Bagi anda yang tidak terbiasa mengganti kartu SIM Card, tentunya sangat membingungkan bila kartu SIM tersebut hilang atau rusak. Apalagi kalo nomor dari kartu tersebut sudah di kenal banyak orang dan relasi bisnis. Nah, kartu SIM apabila hilang atau rusak, bisa di ganti baru dengan datang ke gerai layanan dari kartu tersebut.

Baru tadi siang, saya mengganti kartu IM3 dan Simpati. Di ganti bukan karena hilang atau error, melainkan merubah ukurannya menjadi Nano SIM. Perlu di ketahui, untuk saat ini ada 3 jenis ukuran kartu SIM. Mini SIM, Micro SIM, dan Nano SIM.

kartu-sim-card

 

Bagi anda yang ingin membeli handphone dan tidak tau handphone incaran menggunakan kartu SIM ukuran apa? bisa cek di website GSMArena.

screenshot_127

 

Ok, kembali lagi ke proses penggantian kartu πŸ˜€

Lokasi saya di surabaya, ada beberapa gerai Indosat dan Telkomsel yang bisa di kunjungi, karena saya mau mengganti kedua kartu tersebut, tentunya cari gerai yang berdekatan πŸ˜€

Akhirnya dapet di Plasa Marina, letak Gerai Indosat dan Telkomsel berseberangan. Proses penggantian dan prosedurnya hampir sama antara kedua provider ini.

  1. Saat baru datang, langsung ambil nomor antrian.
  2. Stelah nomor antrian kita di panggil, jelaskan maksud dan tujuan kedatangan ke gerai provider tersebut.
  3. Data yang terdaftar di kartu SIM tersebut, harus sama dengan KTP yang bersangkutan. Kalo data berbeda, nanti akan di tanya, siapa pemilik kartu tersebut, misal istri atau adik. Maka bisa di wakilkan, tapi harus membawa KTP asli dari orang yg datanya tertera di kartu SIM tersebut.
  4. Kalo penggantian kartu karena merubah ukuran seperti saya, dari ukuran Mini SIM menjadi Nano SIM, cukup verifikasi data, kemudian kartu akan di ganti baru. Proses tidak lebih dari 5 menit.
  5. Kalo penggantian kartu karena error atau hilang, maka yang bersangkutan harus menyebutkan 3 nomor terakhir yang terhubung dengan nomor yang mau di ganti tadi. Atau 3 nomor yang aktif terhubung, entah via call atau sms. (hal ini kurang jelas saya dapat info nya, karena tadi menyimak pelanggan yang antri sebelum saya, lebih jelasnya bisa tanya langsung ke provider anda πŸ˜€ )
  6. Setelah mendapatkan kartu pengganti, untuk Indosat, kartu akan aktif 3 jam setelah penggantian. Sedangkan untuk Simpati, bisa langsung di gunakan.
  7. Β Apabila penggantian karena kartu hilang maka semua data kontak dan pulsa yang tersimpan sebelumnya akan hangus, sedangkan untuk penggantian ukuran kartu, pulsa masih ada πŸ˜€
Baca Juga :  Cara Menggunakan Amazon Publisher Studio

Untuk penggantian kartu ini gratis tidak di pungut biaya, akan tetapi pastikan kondisi kartu masih dalam masa aktif πŸ˜€

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *