Cara Mudah Membuat Blog Menggunakan WordPress

Cara Mudah Membuat Blog Menggunakan WordPress

WordPress adalah salah satu CMS paling banyak di pakai manusia di planet bumi ini untuk membuat website. Banyak website milik perusahaan ternama juga menggunakan wordpress sebagai engine websitenya. Apabila anda tidak memiliki kemampuan coding website, menggunakan wordpress adalah pilihan terbaik untuk memulai membuat website. Di dukung oleh komunitas yang aktif berbagi file pendukung dan solusi terhadap bermacam masalah.

WordPress yang open source menjadikannya mudah di modif sesuai selera penggunanya. Akan tetapi, bagi anda yang awam, ada 2 jenis wordpress yang tersedia saat ini, wordpress.com dan wordpress.org. Apa bedanya?

[toggle title=”Comparison WP.com vs WP.org”]

[/toggle]

Sebenarnya WordPress.com mirip dengan Blogger.com, akan tetapi lebih terbatas. Apabila ingin membuat website yang mudah di gunakan tanpa batas, ada baiknya menggunakan WordPress.org.

Setelah berhasil melakukan sewa hosting dan domain, sekarang saya akan berbagi cara setup WordPress untuk pertama kalinya. Pastikan anda memiliki data detail login cPanel hosting.

Ada 2 cara setup wordpress, manual dan otomatis. Untuk cara manual, mirip dengan cara migrasi hosting yang sudah saya bahas sebelumnya, anda harus membuat database, syncronize database, upload wordpress dan seterusnya hingga wordpress online. Bagi anda yang awam, cara ini tentu membuat bingung, sebenarnya saya juga belom pernah menggunakan cara manual ini. kwkkww

Cara otomatis adalah menggunakan fitur Softaculous yang disediakan pihak hosting, baik yang berbayar atau gratis, udah tersedia fitur ini.

Instalasi WordPress

1. Silahkan login akun cPanel, kemudian cari Softaculous atau Installer.

2. Pilih WordPress

3.  Instalasi WordPress

Pilih domain yang akan anda install wordpress.

Silahkan isi semua kolom yang di butuhkan. Kolom In Directory harap di kosongkan.

Baca Juga :  Cara Mudah Membedakan Foto Asli dan Foto Editan

Pastikan anda hafal, atau di catat username dan password, nanti akan di gunakan untuk login ke website. Alamat email instalasi juga harus di isi dengan email valid, nantinya berguna kalau lupa password atau username.

[toggle title=”Instalasi WordPress”]

[/toggle]

Saat proses instalasi sedang berlangsung, halaman jangan di tutup.

Voila! Proses instalasi wordpress sudah selesai. Silahkan login.

Alamat login website wordpress : www.domainanda.com/wp-admin

Tampilan Login WordPress

Sampai disini proses pembuatan website wordpress sudah selesai đŸ˜€

Pada post berikutnya saya akan membahas, bagaimana mengganti themes, menambahkan plugin, dan lain sebagainya đŸ˜€

Stay tuned!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *