DOWNLOADFREE WORDPRESS TEMPLATES

Cara Mudah Membuat Live Video Di Facebook Tanpa Kamera

Anda biasa nonton Live Video di facebook? atau jangan2 anda aktivis Live Video? kwkwkkw

Video salah satu media yang paling ampuh menjaring minat banyak orang. Mengobati rasa penasaran dari sekedar kata-kata atau gambar. Apalagi kalo video berlabel LIVE! Bagi anda pecinta sepakbola atau olahraga lainnya, tentunya lebih suka nonton Pertandingan Live daripada yang Tunda bukan?

Membuat Live Video, minimal membutuhkan handphone berkamera yang bisa merekam. Nah, bagaimana kalo anda belum memiliki handphone dg kamera yg mumpuni untuk Live Video? Atau handphone anda bermasalah, sedangkan keinginan eksis sudah tidak terbendung lagi? Atau tadi lupa tekan tombol LIVE saat nonton konser? Live kan saja koleksi video rekaman anda 😀

Bagaimana caranya? hanya butuh komputer/laptop, program broadcast, video yg mau di share dan tentu saja, koneksi internet.

Silahkan download program OBS Studio

Program ini nantinya yang akan kita gunakan untuk me-LIVE-kan video yang kita punya. Silahkan install sampe selesai.

Pada kotak SOURCE, klik tanda plus kmudian pilih Media Source, Pilih OK (Nama bisa anda rubah) Kmudian pada tab Local File, pilih browse, arahkan ke file video yang akan anda tayangkan.

 

Sekarang kita buka akun Facebook, pada bar update status, pilih Live Video

Kemudian pilih Connect pada tab sebelah kanan, cari kolom Stream Key. Copy kode yang terdapat pada kolom tersebut.

Kembali pada program OBS Studio. Masuk Setting. Ada 2 items yg akan kita edit, STREAM dan OUTPUT.

Pada opsi STREAM, pilih Facebook Live kemudian pada Stream Key, paste kode dari facebook yang sudah kita copy tadi.

Pada opsi Output perhatikan pada Video Bitrate dan Audio Bitrate. Kalo kualitas koneksi internet anda bagus (speed upload mumpuni) silahkan isi Video bitrate dengan nilai 1500 dengan audio bitrate 128. Akan tetapi kalau koneksi kurang bagus, silahkan isi video bitrate dengan nilai 500 dan audio bitrate 64.

Baca Juga :  Cara Melihat MAC Address Komputer dan Gadget

pada halaman depan OBS, silahkan tekan START STREAMING.

Apabila berhasil, maka halaman live video FB anda akan berubah tampilan, menampilkan preview dari video yang anda tayangkan di OBS dan tombol LIVE VIDEO akan aktif.

Silahkan isikan detail statusnya. Kemudian tekan Go Live

Kalo hanya ingin menayangkan satu video berulang, pada saat add media source, centang opsi LOOP, sehingga ketika durasi video tersebut selesai, akan mengulang dari awal kembali. Akan tetapi kalo ingin lanjut ke video berikutnya, silahkan tambahkan file di media source.

 

ok. Sekarang anda sudah berhasil melakukan Live Video dengan menggunakan video koleksi di komputer.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *