DOWNLOADFREE WORDPRESS TEMPLATES

Kisahku Dengan WebHosting #WaktunyaMoveOnSob

Pertama kali kenal blog sekitar tahun 2008, masih oprek-oprek blogger. Bahkan blog yang merupakan cikal bakal web ini masih online hingga sekarang walau udah ga pernah di update lagi, sandiasa blog.  Karena ga punya bakat jadi penulis, akhirnya update blog cuma sambil lalu aja, kalo lagi pengen nulis, ya update, kalo ga ya terbengkalai. kwkwkw

Suatu hari di 2008, dikenalkan oleh teman dengan yang namanya wordpress selfhosted. Saat itu menggunakan hosting dari luar, entah kenapa dari luar, saya sendiri kurang paham. 😀 Belajarlah saya tentang bagaimana login cpanel, install wordpress via softaculous, cara menggunakan ftp dan lain-lain. Oia, saat itu masih minim yang berbagi tutorial tentang wordpress selfhosted, karena pangsa yang lagi rame tentang blogger. Bejibun tutorial tentang blogger.

Seiring mulai pahamnya tentang dunia per-hostingan, akhirnya saya berburu hosting dalam negeri. Tapi ga bertahan lama, karena saat itu saya menggunakan WP Robot dan program AGC, kena banned dah dan saya balik lagi ke hosting luar.

Tahun 2013 pertama kali kenal sama keluarga Jagoan Hosting, tapi bukan sama Jagoan Hosting nya, dengan sodara sepupunya, Jagoan Store. Saat itu mulai rame yang namanya toko online, masih belum ada marketplace seperti tokped dan bl, jadi banyak orang yang membikin toko online. Nah, dari hasil pencarian google, nyantol di Jagoan Store, bingung juga pas nyobain demo nya, ini pake engine apa ya? bingung dah, maklum nubie ga paham tentang web hasil coding 😊

Nah, untuk keperluan pribadi saya masih menggunakan hosting luar, karena hosting indo lom ada yang membolehkan penggunaan AGC dan plugin Wp Robot. Tapi, untuk client saya rekomendasikan Jagoan Hosting dan host sebelah.

Makin kesini, persaingan dunia hosting makin berwarna, bejibun hoster-hoster baru gencar promosi hosting murah meriah. Bahkan sampe ada promo beli domain gratis hosting, edun. Agagaga.. Bahkan jenis layanan hostingnya juga bermacam, selain shared hosting, juga mulai muncul yang namanya Cloud Hosting. Karena saya hanya sebagai end user, bukan type developer, ga terlalu update dengan istilah-istilah ini, yang saya tau, kalo udah make SSD berarti lebih cepat dari yang masih HDD 😀 Apalagi sekarang rata-rata pelanggan hosting juga dikasih free SSL, makin bervariasi pilihan hoster.

Oia, walau saya masih menggunakan hoster luar, bukan berarti tidak ikut meramaikan dunia per-hosting-an Indonesia, salah satu partisipasi saya yaitu dengan ikutan berburu domain murah di fanspage Jagoan Hosting. Agagagaga

Ada beberapa hal sih sebenarnya kenapa saya masih bertahan dengan hosting luar:

Pertama, harga.  Saya lebih suka belanja hosting dan domain saat BlackFriday atau CyberMonday. Hanya dengan $10 atau kurang udah dapet hosting space 20GB, unlimited bandwith dan unlimited domains. Untuk Hoster Indonesia, lom ada saya temuin promo seperti ini. Entah saya yang belum nemu kali ya? 😀

Kedua, addon domain terbatas sedangkan dengan harga yang sama bisa dapet unlimited add on domain di hoster luar.

Saya belum pernah menggunakan hosting dalam negeri, bukan berarti saya antipati, toh yang menjadi kendala saya hanya pada kebijakan penggunaan resource saja (jangan suruh saya menggunakan VPS ya 😊 ). Untuk pelayanan Customer Service via LiveChat, sejauh ini puas hanya dengan 2 hoster, fast reponse sekejap mata dalam membalas chat. Salah satunya, Jagoan Hosting 😉 Saat ini saya berlangganan di Jagoan Hosting hanya untuk nyimpen domain, tapi tidak menutup kemungkinan nantinya saya juga move on ke server Jagoan Hosting, toh beberapa waktu lalu sudah survey. Hanya masalah waktu saja (baca: nunggu duitnya ngumpul agagagag, maklum saat ini blog saya sudah bukan prioritas utama walau masih yang terpenting)

Ini kisahku move on, dari blogger gratisan, merambah dunia blog selfhosted, melanglangbuana ke bermacam hoster dan registrar berburu hosting murah dan domain murah, dan akhirnya satu persatu mulai kembali ke pangkuan hoster ibu pertiwi, pertama domain sudah tertanam di Jagoan Hosting, kemudian nantinya hosting juga akan menggunakan hosting dalam negeri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *