Proses Perpanjangan STNK Kendaraan Bermotor

Proses Perpanjangan STNK Kendaraan Bermotor

STNK motor saya akan habis masa berlakunya bulan Januari ini. Biasanya sih urus perpanjangan sesuai tanggal yang tertera di STNK. Nah, berhubung pada tanggal 6 Januari 2017 ada perubahan tarif pengurusan, maka jadwal di percepat. hehehe

Peraturan Pemerintah (PP) No 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di sahkan pada tanggal 6 Desember 2016, dan berlaku 30hari kemudian.

[learn_more caption=”Berikut daftar kenaikan tarif PNBP di kepolisian:”] Berikut daftar kenaikan tarif PNBP di kepolisian:

1. Penerbitan STNK baru dan perpanjangan untuk motor atau roda tiga dari sebelumnya Rp 50 ribu menjadi Rp 100 ribu. Sedangkan biaya penerbitan STNK roda empat atau lebih, baru dan perpanjangan dari semula Rp 75 ribu menjadi 200 ribu.

2. Pengesahan STNK roda dua atau roda tiga dari gratis menjadi Rp 25 ribu. Sedangkan untuk pengesahan STNK roda empat atau lebih sebesar Rp 50 ribu.

3. Penerbitan STCK untuk roda dua atau roda tiga tidak mengalami perubahan, yakni Rp 25 ribu. Sedangkan penerbitan STCK kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu.

4. Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk roda dua atau roda tiga tidak mengalami perubahan, yakni sebesar Rp 25 ribu. Sedangkan biaya penerbitan TNKB untuk kendaraan roda empat atau lebih mengalami kenaikan dari semula Rp 25 ribu menjadi Rp 50 ribu.

5. Penerbitan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) baru maupun penggantian untuk kendaraan roda dua atau tiga naik dari Rp 80 ribu menjadi Rp 225 ribu. Sementara penerbitan BPKB baru/penggantian untuk kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 100 ribu menjadi Rp 375 ribu.

6. Penerbitan surat mutasi ke luar daerah, untuk kendaraan roda dua atau tiga, dari Rp 75 ribu menjadi Rp 150 ribu. Sementara per bulan surat mutasi untuk kendaraan roda empat atau lebih dari semula Rp 75 ribu menjadi Rp 250 ribu.

7. Penerbitan STNK Lintas Batas Negara untuk roda dua atau tiba baik baru maupun penggantian, yang semula tidak dikenakan tarif menjadi Rp 100 ribu. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih menjadi Rp 200 ribu.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Meletakkan Kabel Optic Bawah Laut?

8. Penerbitan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) Lintas Batas Negara untuk roda dua atau lebih Rp 100 ribu, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau lebih Rp 200 ribu.[/learn_more]

Cerita hari ini, sepulang jemput anak sekolah, bergegas kumpulin semua berkas dan perlengkapan yang di butuhkan untuk perpanjang STNK.

  1. BPKB Asli
  2. STNK Asli
  3. Bukti Pembayaran Pajak Motor (biasanya ada di balik STNK)
  4. KTP yg sesuai dg nama yg tertera di BPKB dan STNK
  5. Uang buat bayar biaya perpanjangan 😀 (nominal sesuai di bukti pembayaran pajak + 100rb, lebihin buat jaga2 biaya lebih, entah denda entah memang ada kenaikan sesuai PP baru)
  6. Camilan sama air minum atau apalah penghilang bosan.
  7. Paling penting, Bolpoint 😀

Step 1 | Let’s Go!

Gaspol motor menuju Samsat Tandes Surabaya, saat ini Samsat di Surabaya di bagi menjadi 4 Wilayah :

  • Samsat Surabaya Timur Jalan Manyar Kertoarjo 1 (031) 5947951
  • Samsat Surabaya Barat Jalan Tandes Raya No.1 (031) 7318625, 732377
  • Samsat Surabaya Utara/ Pusat Jalan. Kedung Cowek No.373 (031)3732634,3725847
  • Samsat Surabaya Selatan Jalan Ketintang Sraten (031) 8295393-4

Nyampe di Kantor Samsat, motor langsung parkir di tempat gesek, kalo mobil di tempat parkir.

Step 2 | Pendaftaran

Keluarkan BPKB dan STNK, menuju loket pendaftaran, kemudian akan di arahkan untuk mengambil formulir pendaftaran, sebelum ambil formulir, fotocopy berkas dulu BPKB, STNK dan KTP.

Setelah ambil formulir, isi formulir sesuai data di BPKB dan KTP. Setelah lengkap, langsung ke area gesek nosin dan noka, cari petugas geseknya.

Setelah proses penggesekan nosin dan noka selesai, taruh motor di tempat parkir. Kemudian Langsung menuju Gedung Utama, Lt.2 untuk menyerahkan berkas2 tadi.

Step 3 | Ngantuk, Letih, Lesu, Bosan

Disinilah ujian kesabaran di mulai, kwkwkw

Setelah menyerahkan berkas-berkas di Loket 1, segera cari tempat duduk, untuk menunggu di panggil. Proses menunggu di panggil inilah ujian berlaku, 1 jam, 2 jam, 3 jam g ada yg tau berapa lama nama anda akan di panggil, tergantung banyaknya antrian dan ketersediaan petugas yang melayani. Nah, di kasus saya, cukup menunggu selama setengah jam, mungkin hari keberuntungan saya, padahal ada bapak2 yang udah nunggu hampir 3 jam belum juga di panggil. Desas desusnya sih, selain karena antrian banyak, petugasnya ada yang absen.

Baca Juga :  Destinasi Wisata dan Budaya di Balik Uang Rupiah Baru 2016

Ketika nama anda di panggil untuk menuju Loket 2, Pembayaran. Pastikan sebelum di pangggil, anda sudah menyiapkan uangnya. Sehingga ketika saat pembayaran, ga bingung lagi cari-cari uangnya terselip dimana, iya kalo terselip, kalo ketinggalan di rumah? kwkkww

Setelah melakukan pembayaran, langsung serahkan bukti pembayaran pajak berikut notanya ke Loket Cetak STNK, kalo di Samsat Tandes Surabaya, tuh loket bersebelahan semua. Bayar biaya Penerbitan STNK dan Cetak Nopol baru. Kemudian silahkan duduk manis lagi, tunggu panggilan.

Setelah di panggil kembali untuk penyerahan STNK. Anda akan di arahkan oleh petugas untuk mengambil Plat nomor yang baru. Di Samsat Tandes Surabaya, letak workshop plat nomor baru ini berada di belakang gedung utama, sebelah kantin.

Voila, Plat Nomor sudah selesai, dan siap di pasang 😀

Btw, Calo banyak ga? ada lah, ga sempet hitung, baru masuk area parkir aja udah ada yg nawarin. Sebenarnya, g ada beda urus sendiri dengan lewat calo, sama2 lama kalo pas antrian panjang. Belom lagi anda harus keluarin uang lebih untuk bayar calo tersebut.

Biaya Apa aja yang saya habiskan hari ini? Berikut rinciannya :

  1. Biaya fotocopy ; Rp. 5.000 ; 2 lembar berkas udah tertata rapi, map kertas, plastik bungkus stnk
  2. Uang tip petugas gesek (Petugas ga minta, ya kita aja inisiatif ngasih 😀 ) Rp. 5.000
  3. Parkir motor Rp. 3.000
  4. Pajak Motor Rp. 192.500
  5. Penerbitan STNK Rp. 80.000

Wokeh, sekian pengalaman saya mengurus perpanjangan STNK 5 tahunan.

 

2 Comments

    1. perpanjangan STNK yg 5 tahun sekali apa perpanjang tahunan?
      kalo yg 5 tahun sekali atau penul, biaya pengesahan udah termasuk biaya penerbitan Rp. 80.000 . Per januari 2017 naik, ane kurang tau brp kenaikanny 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *