Tactile Paving, Tanda Khusus di Pedestrian Untuk Tunanetra

Tactile Paving, Tanda Khusus di Pedestrian Untuk Tunanetra

Bagi penyandang disabilitas tunanetra, melakukan perjalanan di jalanan umum tentunya butuh kesabaran dan kehati-hatian tinggi. Hanya bermodal pendengaran yang tajam dan tongkat, tentunya mereka memerlukan tenaga ekstra agar senantiasa aman selama perjalanan.

Dikota-kota besar, sudah didapati beberapa tanda khusus bagi penyandang disabilitas ini, berupa paving block bertanda khusus. Tactile Paving.

Ada 2 jenis tanda Tactile Paving, Garis dan Titik. Pola Garis menandakan boleh atau aman di lalui, sedangkan pola Titik menandakan hati-hati atau berhenti.

Tactile Paving awalnya di buat oleh Seiichi Miyake pada tahun 1965 dan di perkenalkan di jalanan kota Okayama, Jepang pada tahun 1967 kemudian Japan Railway mengadopsi bentuk paving ini dan menyebutnya Hazard Guide for The Visually Impaired.

Sekarang Tactile Paving telah menyebar keseluruh dunia, dikarenakan banyaknya modifikasi bentuk dan warna menjadikan makna dari Tactile Paving tidak tersampaikan, maka di buat bentuk baku dari paving ini, bentuk tonjolan memanjang dan bentuk tonjolan titik-titik.

Tactile Paving di depan Balai Pemuda Kota Surabaya

Bagaimana di kota anda? sudah tersediakan Tactile Paving ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *